Rekomendasi Tempat Wisata di Jawa Timur

Tempat Wisata di Jawa Timur

Akhir tahun telah tiba, saatnya ambil cuti dan pergi liburan. Apakah perkasa partner sudah mempunyai rencana untuk mengisi liburan Tahun Baru? Jika belum, Perkasa Partner dapat mengunjungi tempat wisata terindah di Jawa Timur. Banyak tempat wisata yang sudah mulai melonggarkan peraturan pada saat ini, hal tersebut didukung oleh pernyataan Presiden Joko Widodo mengenai pemberhentian PSBB dan PPKM di Indonesia, sehingga Perkasa Partner tidak perlu ragu untuk pergi berlibur.

Wilayah Indonesia yang luas menghadirkan pemandangan alam yang sangat beragam. Banyak destinasi wisata yang bisa menjadi pilihan, mulai dari pantai, gunung, taman nasional, bahkan pemandangan bawah laut. Salah satu wilayah Indonesia yang memiliki banyak objek wisata adalah Jawa Timur. Wilayah bagian Timur pulau jawa ini menyuguhkan berbagai macam destinasi wisata mulai dari wisata alam hingga wisata buatan yang sangat cocok untuk dikunjungi. Penasaran apa saja destinasi wisatanya? Yul langsung simak artikel berikut ini sampai selesai untuk melihat ragam destinasi wisata terbaik di Jawa Timur.

1. Jatim Park 3

Tempat Wisata Milenial Garden Jatim Park 3
Tempat Wisata Milenial Garden Jatim Park 3 (Source : blok-a.com)

Jatim Park 3 atau Jawa Timur Park 3 merupakan theme park keren yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Kota Batu, Jawa Timur. Seperti yang sudah kita ketahui bersama Jatim Park terdiri dari Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 Jatim Park 3, dan yang paling baru adalah Jatim Park 4. Setiap lokasi memiliki ikon dan ciri khasnya masing-masing.

Untuk Jatim Park 3 sendiri ikonnya adalah Dino Park, yang akan memberikan kamu informasi lengkap tentang kehidupan Dinosaurus. Sama seperti seri Jatim Park lainnya, Jatim Park 3 juga di konsep sebagai taman hiburan untuk keluarga. Kita dapat memperoleh berbagai informasi yang sangat bermanfaat untuk anak dan juga hiburan lain untuk orang dewasa. Salah satu wahana yang banyak diminati oleh orang dewasa adalah Milenial Glow Garden.

Millennial Glow Garden adalah sebuah wisata lighting show yang spektakuler dan terbesar di Asia Tenggara, menyajikan perpaduan antara teknologi proyeksi dan sensor sehingga menampilkan pencahayaan yang interaktif. Sehingga menjadikannya sebagai tempat yang kece untuk berfoto. Wahana ini memiliki dua tempat indoor dan outdoor. Selama di zona indoor, pengunjung dapat bebas menikmati seluruh wahana yang tersedia dan berfoto-foto sepuasnya. Begitu selesai di zona indoor, pengunjung akan langsung diarahkan untuk menikmati zona outdoor yang berisi bermacam-macam pertunjukan cahaya LED dengan berbagai bentuk. 

2. Alun – Alun Surabaya

Tempat Wisata Alun-alun Surabaya
Tempat Wisata Alun-alun Surabaya (Source : Surabaya Network)

Rekomendasi yang kedua berada di kota pahlawan yaitu Surabaya. Surabaya dikenal sebagai kota metropolitan kedua setelah Jakarta, selain menawarkan pesona kota yang serba modern kota Surabaya juga memiliki tempat wisata unik yang bisa Perkasa Partner kunjungi. Tempat wisata tersebut adalah Alun-Alun, tidak seperti Alun-Alun di kota-kota lainya, Alun-alun Surabaya terbilang berbeda. dak hanya memiliki area terbuka umum, namun juga area indoor. Area indoor ini berada di bawah tanah, atau basement alun-alun itu sendiri. Di sini, Perkasa Partner dapat menikmati alun-alun di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Di dalam ruangan, terdapat berbagai pameran di galeri seni serta pameran produk UMKM yang dapat langsung dibeli oleh wisatawan. 

Sementara di bagian luarnya, wisatawan akan melihat pemandangan taman kota yang indah. Tanaman tertata dengan rapi, dengan pepohonan dan rumput, diselingi tanaman hias. Sehingga kawasan ini tampak begitu hijau dan asri menyejukkan mata. Apalagi di sekitar kawasan ini juga terdapat bangunan bersejarah yang fotogenik.Selain itu, terdapat bangunan berbentuk kolonial Belanda yang berdiri gagah di kawasan alun-alun yang merupakan gedung Balai Pemuda, dulunya tempat berkumpul warga Belanda di Surabaya untuk menghabiskan waktu dan bersosialisasi bersama kaum kelas sosial atas lainnya. 

Selain bangunan berbentuk kolonial Belanda yang unik, bangunan Alun-Alun Surabaya juga di modifikasi dengan berbagai material industrial seperti besi H-Beam dan Besi Hollow Hitam. Hal tersebut membuat kawasan Alun-Alun terlihat lebih modern dan minimalis. Jadi, Perkasa partner bisa berkunjung ke tempat ini dengan membawa pasangan maupun keluarga untuk dapat bersama menikmati keindahan yang ditawarkan.

3. Pantai Marina Boom

Pantai Marina Boom
Tempat Wisata Pantai Marina Boom (Source : Travel Kompas)

Setelah rekomendasi tempat wisata dari pusat kota di Jawa Timur, kali ini rekomendasi pusat wisata selanjutnya adalah di wilayah Jawa Timur paling ujung timur yaitu Banyuwangi. Siapa yang tak kenal dengan banyuwangi, beberapa tahun ini Banyuwangi sedang gencar untuk mempromosikan wisatanya, beberapa diantaranya adalah wisata alam dan wisata budaya. Wisata alam yang paling terkenal adalah wisata pantai, salah satunya adalah Pantai Marina Boom.

Pantai Marina Boom sendiri terletak di Desa Kampung Mandar, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Letaknya yang hanya berjarak 1 kilometer dari pusat kota membuatnya mudah untuk dikunjungi. Pantai yang dilengkapi berbagai atraksi wisata dan fasilitas yang memadai ini dulunya merupakan pelabuhan, yang dikembangkan oleh PT. Pelindo Properti Indonesia hingga menjadi kawasan dermaga kapal pesiar dan berdiri sejumlah landmark yang ikonik. Salah satu landmark ikonik yang paling populer untuk berfoto ialah jembatan lintas (causeway) berbentuk spiral. 

Jembatan lintas yang dipenuhi dengan sorotan lampu di sekitarnya ini terlihat megah dan instagramable, karena itulah hampir setiap malam jembatan ini selalu dipenuhi pengunjung yang ingin berfoto dengan background jembatan. Sepintas jembatan ini jika dilihat dari sudut tertentu membentuk sebuah pola berupa ikan yang besar melintang panjang. Jembatan ikonik ini terbentuk dari ukiran kayu bambu rotan bekas. Ada pula spot foto di sekitaran pantai dan bekas bangunan tua yang dilengkapi led lampu menambah cantik suasana.

Jika Perkasa Partner perhatikan bentuk spiral jembatan Ini terbuat dari besi struktural H-Beam dan WF (wide flange). Besi struktural memang sering dipilih untuk membentuk struktural bangunan yang ikonik karena proses perakitan yang lebih mudah dibanding jenis besi lainnya. Pada awalnya pantai ini memang digunakan sebagai sebuah pelabuhan di masa lalu namun sekarang sudah tidak digunakan lagi. Perkasa Partner bisa menjadikan pantai ini sebagai destinasi wisata tujuan jika berkunjung ke Banyuwangi.

Nah, itu tadi merupakan rekomendasi tempat wisata di Jawa Timur yang bisa Anda kunjungi. Bagaimana Perkasa Partner apakah sudah menemukan inspirasi tempat wisata  yang ingin dikunjungi? Jika perkasa partner sedang membutuhkan besi struktural seperti H-beam, WF dan Besi Hollow untuk membuat struktur bangunan langsung saja lakukan pemesanan melalui tim sales kami sekarang!

Bagikan sekarang