Fasad Rumah | Pengertian, Fungsi dan Contoh Inspirasi

fasad rumah

Memilih desain rumah selalu menjadi tantangan bagi kita agar sesuai dan nyaman dengan apa yang diinginkan. Tak hanya melihat konsep bangunan eksterior maupun interior saja untuk membangun dan memilih desain rumah. Fasad rumah adalah salah satu desain eksterior yang perlu kita perhatikan. Mungkin orang banyak yang belum tahu istilahnya, padahal fasad adalah hal yang pertama kali dilihat oleh orang akan bangunan.

Apa itu fasad rumah?

Banyak orang yang tidak familiar dengan istilah fasad, yang digunakan untuk wajah sebuah bangunan. Fasad adalah istilah bahasa Indonesia untuk bagian luar sebuah bangunan. Fasad adalah bagian luar dari sebuah bangunan, biasanya fasad yang dimaksud adalah bagian depan, namun fasad disebut juga dengan bagian samping dan belakang bangunan. Istilah fasad berasal dari bahasa Prancis dan secara harfiah berarti “depan” atau “wajah”.

Kita semua tahu bahwa kesan pertama sangat penting saat melihat bangunan, itulah sebabnya pilihan desain fasad adalah salah satu keputusan terpenting dalam pembangunan. Fasad tidak hanya menambahkan warna ke seluruh bangunan Anda tetapi membantu menentukan interior, desain, dan furniture.

Fungsi Fasad Rumah

Membuat sebuah fasad menjadi indah dan sesuai dengan pilihan kita merupakan sebuah tugas awal untuk membangun bangunan. Serta membutuhkan peran yang penting dari kita untuk bisa direalisasikan dengan benar. 

Fasad rumah menjadikan bangunan lebih menarik dan tampak estetik. Berbeda dengan desain seperti biasanya, rumah jadi memiliki ciri khas yang tersendiri daripada bangunan yang lainnya. Karena fasad adalah desain yang tampak dari luar, maka bangunan akan menjadi lebih baik jika didesain sesuai dengan gaya arsitektur bangunan tersebut. Tentu saja gaya arsitektur fasad hadir dengan tampilan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa desain inspirasi fasad bangunan atau rumah modern yang mungkin biasa anda aplikasikan terhadap tipe bangunan anda.

Contoh Inspirasi Fasad Untuk Rumahmu

1. Bohemian

Tipe bohemian pada fasad rumah
Tipe bohemian pada fasad rumah

Gaya arsitektur bohemian memang tak memiliki aturan yang terlalu detail. Terkadang, gaya bohemian ini adalah campuran dari gaya klasik, rustic, dan juga vintage. Aplikasi gorden dan juga jendela yang berwarna cerah biasanya menjadi salah satu ciri khas rumah tipe bohemian ini.

2. Klasik

Fasad rumah tipe klasik yang menggunakan tiang-tiang tinggi
Fasad rumah tipe klasik yang menggunakan tiang-tiang tinggi

Tipe rumah dengan gaya klasik akan memiliki kesan yang mewah dan megah. Bentuk dari gaya klasik ini simetris pada bagian kanan dan juga kiri bangunan. Fasad dengan gaya ini mempunyai desain yang sedikit rumit pada bagian pintunya, jendela hingga pada bagian atapnya. Fasad tipe klasik adalah gaya yang jauh berbeda dengan tipe gaya minimalis.

3. Industrial

Fasad rumah tipe industrial yang menggunakan warna netral pada bangunannya
Fasad rumah tipe industrial yang menggunakan warna netral pada bangunannya

Desain dari fasad bangunan dengan tipe industrial ini dapat membuat kesan minimalis pada hunian Anda. Konsep ini terlihat  lebih simpel daripada bangunan dengan fasad klasik. Fasad tipe ini memiliki arsitektur yang tak kalah menawan dengan bentuk geometri yang sederhana, namun menarik. Biasanya menggunakan material besi seperti besi hollow. Kemudian, didominasi warna-warna monokrom sebagai salah satu cirinya.

4. Minimalis

Desain fasad rumah tipe minimalis yang mayoritas menggunakan warna cerah
Desain fasad rumah tipe minimalis yang mayoritas menggunakan warna cerah

Desain minimalis merupakan gaya arsitektur yang populer di kalangan anak muda. Konsep minimalis mencakup desain dan fungsionalitas yang sederhana. Palet warna gaya ini menekankan warna solid seperti hitam, putih, dan abu-abu.

Fasad ini mengisyaratkan bahwa gaya minimalis tampak “bersih” tanpa ornamen dekoratif. Meski konsep ini cukup sederhana, desain minimalis merupakan konsep elegan bagi sebagian besar orang.

5. Mediterania

Desain fasad rumah tipe mediterania yang memiliki ciri khas pada bentuk
Desain fasad rumah tipe mediterania yang memiliki ciri khas pada bentuk

Dari Amerika muncul gaya mediterania yang memiliki kualitas yang dapat membuat fasad terlihat teduh. Nada ini tercipta dari kehadiran dekorasi dan penggunaan warna-warna hangat. Beberapa warna hangat sering digunakan pada fasad rumah mediterania seperti oranye, kuning, putih atau biru muda. Selain warnanya, atap pelindung fasad membuat hunian mediterania terlihat lebih keren.

Sekarang, fasad jenis apa yang kira-kira sesuai dengan konsep rumah Perkasa partner? Untuk Perkasa Partner yang membutuhkan material besi untuk pembuatan fasad rumah, Anda dapat menghubungi sales kami untuk mendapatkan penawaran terbaik.

Bagikan sekarang